Tiap Fraksi Paparkan Pandangan Umum RPJMD dan Raperda Pengarusutamaan Gender dalam Rapat Paripurna DPRD Ponorogo

Headline Politik

MATARANA.COM –  DPRD Ponorogo menggelar Rapat Paripurna di Ruang Sidang Paripurna Gedung DPRD Ponorogo, Rabu (23/6/2021). Kali ini, agenda paripurna yaitu penyampaian terkait Pandangan Umum Fraksi-fraksi Terhadap Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Ponorogo dan Raperda Pengarusutamaan Gender.

Dalam rapat paripurna ini hadir di antaranya adalah Wakil Bupati Ponorogo, Ketua, Wakil Ketua dan anggota DPRD Ponorogo, serta Forkopimda, OPD, camat dan tamu undangan penting lainnya.

Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto mengungkapkan, seluruh fraksi sepakat dengan Raperda RPJMD dalam rangka mendorong visi misi Bupati.

“Setelah kita dengarkan dari 8 fraksi ini semua sepakat dengan RPJMD dalam rangka mendorong visi misi Bupati. Ini sudah kita buktikan isu-isu di luar DPRD yang mengganjal proses Raperda ini sudah terbantahkan,” papar Sunarto kepada awak media.

Salah satunya, dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta agar janji politik dalam visi misi Bupati bisa dituangkan dalam RPJMD serta bisa dibuktikan dalam kerja nyata 5 tahun ke depan.

“Penyusunan RPJMD supaya mengarah kepada penyelesaian permasalahan yang fokusnya di sektor SDM, kesehatan, pertanian, kemiskinan, dan pengangguran. Kami meminta RPJMD 5 tahun mendatang harus sesuai dengan aspirasi dan musrenbang beberapa waktu lalu,” tutur Christine Hery Purnawati, jubir dari PKS.

Sementara itu menurut Sunarto masih ada beberapa hal yang secara substantif belum masuk. Contohnya seperti jika setiap ada Raperda, selalu ada hasil fasilitasi dari Gubernur yang harus dilampirkan.

“Ada beberapa fraksi yang minta hasil fasilitasi itu dilampirkan, sehingga nanti akan linier hasil yang dikirim Gubernur dengan draf yang kita kirim. Kita belum bisa memastikan,” imbuhnya.

Terlebih, masih ada pihak-pihak tertentu yang mencoba RPJMD tidak sesuai dengan visi misi. Sunarto ingin visi misi Bupati tetap dijaga.

“Kita sama-sama menjaga visi misi Bupati. Lebih hati-hati tidak menjadi persoalan. DPRD membantu, mendorog, mengamankan visi misi Bupati masuk RPJMD,” tegas Sunarto.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Lisdyarita mengaku, arah pembangunan pada 5 tahun ke depan mengacu pada Catur Darma Nyata yang merupakan reformulasi Nawa Darma Nyata. Empat misi pembangunan Ponorogo, yang di antaranya perempuan hebat.

”Dengan kesetaraan gender ini, kami mendorong pembangunan juga menyentuh kaum perempuan. Semoga Raperda ini bisa segera disetujui dan menjadi Perda,” ujarnya.

Sementara keputusan RPJMD akan ditetapkan hari Jumat lusa. (adv/ran)

Facebook Comments