PERAN SERTA BHABINKAMTIBMAS DESA GOLAN SUKOREJO

Headline

MATARANA.COM – Bhabinkamtibmas Desa Golan Bripka I Gede Metta. bersama Babinsa Koramil 0802/06 Sukorejo melakukan pendampingan kegiatan gerakan aplikasi Pupuk Organik Cair (POC) oleh BPP Kec. Sukorejo kepada Poktan Desa Golan bertempat di Area Persawahan Jl. Karang Rejo Rt 03 Rw 01 Dkh. Karangan Ds. Golan Kec. Sukorejo Kab. Ponorogo yang dihadiri kurang lebih 35 orang.Kamis (04/1/21)

Gerakan penyemprotan Pupuk Organik Cair (POC) merupakan program dari Bupati Ponorogo, untuk meningkatkan kwalitas dan hasil pertanian di wil. Kab. Ponorogo;

Pupuk Organik Cair (POC) yg diberikan kpd kelompok tani telah lulus uji laboratorium di Unpad Bandung.; Manfaat utama Pupuk Organik Cair (POC) adalah meningkatkan kesuburan tanaman, memperbaiki dan meningkatkan kualitas kandungan organik di dalam tanah, sehingga tanah / lahan pertanian menjadi lebih remah, gembur, tidak liat dan keras serta menjaga ketersediaan unsur hara di dalam tanah;

Hadir dalam kegiatan tersebut Koordinator / pengamat hama tanaman BPP Kec. Sikorejo Damun, S.P., Budi Purwaningsih, S.P (PPL)., Purwo Susilo SP (PPL)., PPL Desa Golan Frendi Rusli Pratama, S.P., Tri Cahyono, S.P., Sutiyah, S.P (PPL)., Bhabinkamtibmas Desa Golan Bripka I Gede Metta., Babinsa Desa Golan Sertu Joko Wasis serta Gapoktan Desa Golan (Ngudi Hasil, Suko Makmur & Sido Makmur)

Kegiatan ini sekaligus untuk mensosialisasikan kembali program AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi) yang selama ini partisipasi dari para petani sangat Kurrang. Biaya AUTP yaitu per hektar dikenakan biaya Rp.36.000,00 yang ketika gagal panen akan mendapatkan asuransi sejumlah 6 juta rupiah;

Sosialisasi penggunaan pupuk organik cair ini sebagai upaya untuk menyelamatkan lahan pertanian akibat banyaknya penggunaan pupuk berbahan pestisida (pupuk non norganik) oleh petani yang bisa merusak komposisi tanah.

Kapolsek Sukorejo di tempat terpisah mengatakan kegiatan bhabinkamtibmas dalam pendampingan kapoktan di masing masing Desa Binaannya diharapkan bisa membantu petani agar betul betul memanfaatkan tanah dengan baik., tutur Kapolsek.

Semoga peran serta Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polsek Sukorejo dapat memebrikan contoh yang positif kepada masyarakat desa Binaan masing masing., Karena Bhabinkamtibmas selaku anggota polri sebagai Pelindung .,Pengayom Dan Pelayan Masyarakat.,Pungkas Kapolsek Sukorejo.(tnt)

Facebook Comments