Deklarasi Damai Menuju Pilkada Damai

Headline

MATARANA.COM- Demi tercapainya pelaksanaan Pilkada Aman, Damai dan Sehat bertempat di Hall Hotel Gajah Mada diselenggarakat deklarasi damai. Jumat (25/09)

Hadir dalam kegiatan tersebut Wabup Ponorogo diwakili Sekda Kab. Ponorogo Drs. Agus Pramono, M.M., Wakil Ketua DPRD Kab. Ponorogo., Ketua PN Ponorogo., Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis, S.H., S.I.K., M.Si., Dandim 0802 Ponorogo diwakili Kasdim Mayor Inf. M. Yusuf., Komisioner KPU Kab. Ponorogo H. Munajat, S. Mm (Ketua KPU Kab. Ponorogo) R. Gaguk Ika Priyatna, S. Sos., M.A.P (Divisi Hukum dan Pengawasan), Bawaslu Kab. Ponorogo Muh Syaifulloh, S. Ag (Ketua Bawaslu Kab. Ponorogo) Sulung Muna Rimbawan, S. Pd., M. Si (Kordiv Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Ponorogo) Juwaini, S. Pd (Kordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat & Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Ponorogo) Marji Nurcahyo, S. HI (Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Ponorogo) Widi Cahyono, S. Ap (Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Ponorogo) Sekretariat Bawaslu Kab. Ponorogo Wakhid Purwanto, A. Md, Paslon Cabup/Cawabup Nomor 1 Sugiri Sancoko – Lisdyarita, Paslon Cabup/Cawabup Nomor 2 Drs. Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono, M.M. dan Ketua Tim Kampanye masing-masing Paslon.

Sambutan Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis, S.H., S.I.K., M.Si menyampaikan, “Alhamdulillah kita semua dapat hadir dalam kegiatan deklarasi hari ini, agar penyelenggara melaksanakan tugas dengan baik dan Paslon serta Timses tetap mematuhi protokol kesehatan karena saat ini bersamaan dengan Pandemi Covid-19

Diketahui bahwa saat ini penyebaran Covid-19 secara Nasional meningkat tajam sehingga Pimpinan Polri yaitu Kapolri Jenderal. Drs. Idham Azis, M.Si telah mengeluarkan Maklumat mengenai pelaksanaan Pilkada pada masa Pandemi.

“mari kita patuhi maklumat ini dan kita laksanakan untuk memutus penyebaran Covid-19, sehingga pelaksanaan Pilkada bisa berjalan dengan tidak ada cluster baru, dalam Maklumat tersebut disampaikan bahwa Polri berhak membubarkan kerumunan massa pada saat Pandemi Covid-19 karena telah ada peraturan dan ketentuan yang berlaku, Mari kita ciptakan Pemilukada Ponorogo yang aman, damai, dan sejuk sehingga tercipta situasi aman dan kondusif.”

Sebagai pengawas Pada pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Ponorogo,
Ketua Bawaslu Muh. Saifulloh, S.Ag pun juga mengatakan, “adanya Deklarasi ini Kami berharap dari pasangan calon, pimpinan parpol dan seluruh pihak dapat menjalankan Pilkada ini dengan mematuhi protokol kesehatan, mematuhi perundangan-undangan dan menghindari politik uang, dan agar seluruh pasangan calon dapat menandatangi Pakta Integritas sebagai bentuk komitmen pelaksanaan Pilkada Kab. Ponorogo Tahun 2020.”

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi oleh kedua Paslon yang isi dari deklarasi dari Bawaslu Kab. Ponorogo sebagai berikut

Bahwa kami Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, peserta Pemillhan Kepala Daerah Serentak tahun 2020 beserta tim Kampanye dan Partai Politik Pengusung demi mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemiihan Serentak Tahun 2020 serta memajukan dan melindungi Masyarakat dengan pelaksanaan demokrasi yang sehat, berkualitas dan berintegritas, kami siap berkomitmen dalam pelaksanaan kampanye, masa tenang dan pemungutan suara untuk :

1. Disiplin Menerapkan Protokol Kesehatan;
2. Mematuhi Setiap Ketentuan Tahapan Kampanye dan;
3. Menghindari Praktik Politik Uang Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Tahun 2020.

Dan Deklarasi dari Polres Ponorogo yang isinya :

Dengan ini kami Calon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Ponorogo bersepakat, untuk :

1) Melaksanakan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Ponorogo secara demokratis dan dalam suasana kekeluargaan dengan mengikuti seluruh aturan yang berlaku;

2) Siap dipilih dan siap tidak dipilih serta menerima hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Ponorogo Tahun 2020 yang sah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;

3) Secara bersama-sama menciptakan situasi yang aman dan kondusif diwilayah Kab. Ponorogo sebelum pada saat dan setelah pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020;

4) Mematuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020;

5) Melaksanakan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 secara jujur, adil dan bermartabat.

Demikian deklarasi ini kami buat dan kami tanda tangani untuk dilaksanakan dan dipatuhi bersama.

Dikatakan Kapolres, Deklarasi ini bukan sebatas sebuah ucapan namun harus di sertai dengan tindakan dari apa isi kandungan tersebut.

“Kami dari pihak Kepolisian bersama TNI sebagai pemangan berjalannya Pilkada, apabila Situasi Kamtibmas di Wilayah Ponorogo aman maka pelaksanaan tahapan dari awal sampai akhir akan berjalan dengan baik. Paslon bersama Timses juga harus menjadi panutan bagi masyarakat untuk menjadi pelopor Tertib protokol Kesehatan.” Pungkas Kapolres (ver)

Facebook Comments