Pemuda Dusun Karang Prajegan Gotong Royong semprotkan Desinfektan Antisipasi Virus Corona

Headline

Ponorogo – Matarana.com. Pemuda Dusun Karang Desa Prajegan Kecamatan Sukorejo Ponorogo Jawa Timur berswadaya menyemprot seluruh rumah warga dengan cairan disinfektan, kamis (26/3/2020).

Dengan cara bergotong royong dan meracik cairan untuk langkah antisipasi Virus Corona (Covid-19) itu belajar lewat youtube dan juga didampingi Petugas Kesehatan di Desa Setempat (Bidan Desa).

Pemuda Karang Taruna Putra Madusari semprot desinfektan antisipasi virus corona.

Tercatat ada sekitar 200an rumah tempat ibadah, Toko, Warung dan tempat yang biasa buat kumpul warga, semua sudah disemprot cairan disinfektan tersebut. Para warga menunjukkan gotong-royong dan saling peduli untuk langkah pencegahan penyebaran virus ini.

Kepala Dusun Karang Biran mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan ini sebagai langkah antisipasi dan pencegahan tersebarnya Virus Corona di wilayah kami.

“Harapan kami diadakannya Penyemprotan ini dapat memutus penyebaran virus Corona khususnya di Wilayah kami. Menyemprot cairan desinfektan ini juga menumbuhkan rasa gotong royong dan kepedulian warga terhadap lingkungannya. Ada sekitar 200 rumah dan fasum seperti musala dan poskamling yang disemprot,” kata Mbh Wo, sapaan akrabnya.

Hal senada disampaikan Alfa dan Fila pengurus Karang Taruna Putra Madusari, upaya penyemprotan ini dilakukan swadaya dananya murni diambilkan kas Karang Taruna Putra Madusari salah satu langkah pencegahan Virus Corona.

“Jadi kita gotong-royong, dari rasa kepedulian, mengadakan giat ini. Awal komunikasi juga lewat WA Gruop (whatsapp,red) kan ada grupnya. Kita Beli bahannya dan alat semprotnya menggunakan semprotan warga yang sudah dibersihkan, Alhamdulillah untuk alat semprot banyak warga yang punya,” ungkapnya.

Terkait racikan bahan cairan disinfektan itu, diakui belajar melalui internet dan dibimbing dari Petugas Kesehatan Desa (Bidan Desa).

“Cara meracik cairan disinfektannya belajar dari youtube, dan juga di bimbing oleh Bidan Desa yang membuat cairan. Tidak usah tunggu pemerintah, namun inilah bentuk gotong-royong dan kepedulian kami, bahkan berkat kekompakan kami Kepala Desa pun Menyempatkan untuk ikut mensosialisasikan bahayanya virus Covid 19 serta ikut bergotong royong di wilayah kami” tuturnya.

Foto bersama Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa Prajegan.

Bhabinkamtibmas Desa Prajegan Arif juga menambahkan, selain melakukan penyemprotan juga ada imbauan program pemerintah dalam menangani penyebaran Virus Corona ini.

Di antaranya menyampaikan agar warga selalu cuci tangan pakai sabun setelah pulang dari berpergian luar rumah. Bahkan warga setempat diharapkan menunda semua acara yang mengundang banyak masa termasuk Hajatan, Orkes, Pengajian dan lain-lainnya yang bersifat mengundang orang banyak.

“Acara yang berpotensi mengumpulkan warga kita hindari dan ditunda dulu,” katanya.

Penyemprotan yang dilakukan warga juga sesuai SOP. Warga yang bertugas menyemprot menggunakan, sarung tangan plastik, lengkap dengan penutup hidung. Agar tidak membahayakan saat menyemprot. (Alfa/Jar)

Facebook Comments